Mengenal Event Terbesar Tahunan Ibu Kota, Jakarta Fair

Apa itu Jakarta Fair?

 jakarta fair-2

Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair sebuah pameran tahunan terbesar di Indonesia yang diadakan oleh pemerintah DKI Jakarta dalam rangka memperingati hari ulang tahun Jakarta.

Berlangsung bukan sepekan, melainkan satu bulan penuh. Dimulai dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli.

Pertama kali diselenggarakan tahun 1968 di Monas, namun setelah tahun 1991 Jakarta Fair berpindah tempat  ke Kemayoran, karena dipandang sebagai sebuah tempat yang menyimpan sejarah, terkait lokasi utama bandara utama, sebelum pindah ke Bandara Soekarno Hatta di Tangerang. Pameran Jakarta Fair menawarkan berbagai macam produk untuk masyarakat kecil hingga menengah ke atas. Seperti produk yang berhubungan dengan sandang, pangan dan papan.

Baca juga : Informasi Event lainnya

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai macam penampilan dari musisi dalam negeri, seperti Peterpan, Setia Band dan masih banyak yang lainnya. Jakarta Fair juga merupakan sebuah lowongan pekerjaan untuk para mahasiswa wanita yang sedang menganggur dan tertarik untuk mengumpulkan uang jajan.

jakarta fair-1

Banyak mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai Sales Promotion Girl (SPG) yang tugasnya menawarkan produk kepada konsumen. Namun sayangnya masih banyak warga Jakarta yang malas mengunjungi Jakarta Fair terkait biaya parkir yang mahal dan mencari lahan parkir yang sesuai .

Selain itu, pengawasan keamanan saat Jakarta Fair masih kurang ketat, hal ini terkait masih banyaknya barang yang hilang ketika berada di Jakarta Fair. Kebersihan tempat pun masih harus diperhatikan, karena ketika pengunjung keluar tak jarang mereka meninggalkan sampah berserakan di jalanan. Padahal telah disediakan tempat  menaruh sampah, ada baiknya pihak pengelola Jakarta Fair lebih peka terhadap masalah lingkungan.

Pekan Raya Jakarta juga menawarkan acara yang berhubungan dengan kegiatan sosial, seperti donor darah dan peduli anak. Pertandingan-pertandingan pun ikut memeriahkan acara Jakarta Fair, antara lain Miss Jakarta Fair Competitions, Danz Base Competition, JFK Insta Kontes, K-Pop Dance Cover, dan juga Cosplay Contest. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Jakarta seperti kerak telor, semur jengkol dan Soto Betawi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *