Retorika Festival 2017

Retorika Festival 2017

Retorika Festival 2017Festival Retorika 2017, lomba yang akan digelar pada tanggal 19 hingga 21 Mei 2017 ini dengan tema “Suara pemuda Wujudkan Pancarona Wiyata yang Berdaya Guna”. Mengundang berbagai mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi se-Indonesia dalam perlombaan debat guna menuangkan pemikiran atau gagasan positif yang di prakarsai oleh (IPRI) ikatan Pencinta Retorika Indonesia Universitas Negeri Malang.

Pada tahun ini sangat berbeda sekali dengan event sebelumnya untuk Festival Retrorika 2017 hanya membuat 1 jenis lomba dengan taraf nasional. Dengan tujuan mengetahui bakat-bakat mahasiwa-mahasiswi di seluruh Indonesia dengan diadakannya Festival Retrorika ini.

Dengan total 28 tim peserta dari berbagai Universitas dari seluruh Indonesia merupakan kompetisi debat mahasiswa nasional 2017 yang bertajuk Festival Retorika. Dalam waktu tiga hari untuk keseluruhan acara yang akan diikuti oleh seluruh peserta, persiapan awal dan gladi resik debat di hari ke 1 selanjutnya babak penyisihan hingga mendapatkan delapan tim terbaik pada hari ke dua, dan pada hari ketiga babak Quarter Final, Semi Final dan Final.

Dalam skala nasional ini lomba debat, berbagai bidang yang akan dianalisa mulai dari kesehatan, sosial politik, pendidikan, ekonomi dan hukum yang akan diperlombakan oleh para peserta agar bisa memberikan ide-ide kreatif, solusi-solusinya dan memberikan gagasan baru terkait beberapa mosi yang selalu diperdebatkan dan mampu berfikir kritis.

Festival ini yang di prakarsai oleh UKM IPRI Univeristas Negeri Malang dengan mengundang mahasiswa-mahasiswi dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia agar bisa memberikan pemikirian kreatif atau menuangkan gagasan agar mampu bersaing dengan mahasiswa dari luar negeri yang notabennya sudah siap menghadapi persaingan global, kegiatan positif dan kreatif dalam event ini resmi dibuka dan kompetisi siap dimulai dengan semangat tinggi.

Kompetisi ini sangat baik bagi kemajuan wawasan mahasiswa-mahasiswi seluruh Indonesia dan patut diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, dan tidak hanya di Universitas Negeri Malang, mungkin bisa diadakan di Universitas Negeri lainnya, kemampuan analisis, gagasan, ide dan solusi lebih ditonjolkan pada event ini dengan berbagai macam tema yang sedang dekat dengan kehidupan sehari-hari serta kondisi saat ini, sebagai bentuk kepedulian anak bangsa terhadap kemajuan bangsa Indonesia yang dewasa ini mengalami penurunan moral dengan tren modernisasi yang masuk tiada henti, dengan event ini mereka jadi lebih paham nilai-nilai kebangsaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.