Ketika Merasa Salah Memilih Jurusan Kuliah

Ketika Merasa Salah Memilih Jurusan Kuliah

Ada kala saat akan memasuki jenjang kuliah akan merasa bingung untuk melanjutkan kuliah dalam hal pemilihan kampus dan jurusan. Sudah tau ke kampus mana, eh ternyata masih bingung memilih jurusan.

Karena waktu yang sangat mepet, mau tidak mau harus memilih jurusan yang tak jarang membuat orang yang memilih merasa salah memilih jurusan tersebut.

Menjalani kuliah sesuai jurusan dipilih ternyata tidak seenak yang dibayangkan. Berbagai problema mulai dari tugas hingga pelajaran yang tak masuk ke otak kadang membuat mahasiswa merasa salah mengambil jurusan dan untuk berhenti sudah tanggung.

Memang tak jarang pula ada mahasiswa yang merasa salah jurusan dan memutuskan untuk keluar dan pindah jurusan. Tetapi tak jarang pula ada mahasiswa yang mau tidak mau harus menjalani kuliah meskipun merasa salah jurusan.

Untuk kamu yang merasakan salah jurusan dan tetap ingin melanjutkan kuliah hingga selesai, yuk coba tips berikut supaya kamu bisa lulus meskipun merasa berat menjalani kuliah karena merasa salah jurusan.

#Tips 1 – jangan berfokus pada penyesalan salah jurusan

Sesuatu yang sudah terjadi tentu tidak bisa dihindari lagi, termasuk jika merasa salah jurusan. Meskipun berat, tetapi kuliah sudah berjalan – waktu, uang dan lainnya sudah tersitas sehingga jangan lagi memikirkan salah jurusan karena itu sama saja menghambat diri.

Fokus pada tujuan yaitu selesaikan kuliah. Fokus pada permasalahan tidak akan membawa kamu kemana-mana.

#Tips 2 – curhat ke teman

Tak ada salahnya berkeluh kesah ke teman terkait permasalahan kuliah seperti merasa salah jurusan. Dengan curhat ke teman, permasalahan memang tidak selesai sampai disitu, tetapi dengan curhat setidaknya kita bisa menyampaikan unek-unek dan akan membuat sedikit lega.

#Tips 3 – ikuti UKM dan perdalam softskill

Kuliah tidak melulu tentang teknis permasalahan jurusan, ada hal lain yang bisa diikuti. Ikuti UKM sesuai dengan minat atau kamu bisa perdalam ilmu softskill dengan menyibukkan diri dengan organisasi kampus.

Tetapi perlu diingat, jangan sampai UKM atau organisasi yang diikuti justru menghambat kuliah.

#Tips 4 – belajar bersama teman

Jika kita merasa sulit untuk belajar sendiri terutama untuk pelajaran jurusan, cobalah untuk mengajak teman-teman lain untuk belajar bersama.

Dengan belajar besama, nantinya suasana belajar akan lebih menarik dan tidak membosankan sehingga membuat kamu bisa mempelajari banyak hal bersama-sama.

#Tips 5 – ambils S2 untuk membalas S1

Setelah jenjang S1, ada jenjang S2 yang bisa kamu lampiaskan untuk ‘balas dendam’ dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Ingat bahwa biaya kuliah itu tidak mudah, jika memang merasa salah jurusan  – jangan sampai kita lupa bahwa semua itu telah mengorbankan banyak hal. Coba untuk menjalankan 5 tips diatas guna menjalani kuliah lebih semangat lagi.